Minggu, 14 Mei 2017

Alternatif Mengobati Batu Empedu Dengan Obat Tradisional

Mengobati batu empedu dengan obat tradisional merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk membantu menghancurkan batu empedu. Batu empedu terbentuk dari pengerasan kolestrol yang mengendap dalam cairan empedu. Penimbunan kolestrol dalam cairan empedu disebabkan oleh ketidakseimbangan antara senyawa kimia dan jumlah kolestrol dalam empedu. Ada beberapa fakor yang dapat menyebabkan seseorang beresiko untuk menderita batu empedu diantaranya faktor usia, jenis kelamin, dampak setelah melahirkan dan pengaruh berat badan.

Mengobati batu empedu dengan obat tradisional

Dalam faktor usia seseorang beresiko menderita batu empedu setelah berusia 40 tahun ke atas. Wanita memiliki resiko yang lebih tinggi dibandingkan pria untuk menderita penyakit empedu, apalagi setelah melahirkan. Meningkatnya hormon esterogen pada wanita pada saat mengandung akan menyebabkan wanita memiliki resiko untuk terkena batu empedu setelah melahirkan. Orang dengan berat badan berlebih (obesitas) juga beresiko untuk terkena penyakit batu empedu.

Pengobatan batu empedu dengan obat tradisional

Batu empedu dapat dihancurkan dengan obat-obatan tradisional yang diolah sendiri maupun yang sudah dijual dan dapat ditemukan dengan mudah di pasaran. Diantara beberapa bahan alam yang dapat digunakan diantaranya kulit manggis, daun sirsak dan temu lawak.

1. Kulit manggis
Kulit manggis memiliki kandungan xanthone 123,97 mg/ml yang dapat berfungsi untuk memperbaiki dan melindungi sel-sel tubuh yang rusak dan membunuh penyakit. Oleh karena itu kulit manggis juga dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati empedu. Kulit manggis yang sudah diekstrak sudah banyak dijual di pasaran dan dapat ditemukan dengan mudah.
2. Daun sirsak
Daun sirsak juga dapat berfungsi untuk menghancurkan batu empedu dengan kandungan fitokimia yang terkandung di dalamnya. Fitokimia sendiri memiliki manfaat untuk membantu menjaga kestabilan kondisi tubuh secara signifikan. Daun sirsak juga bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit lain seperti menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor, menurunkan gula darah, dan membantu menjaga kesehatan jantung.
3. Temu lawak
Temu lawak merupakan tanaman yang lazim digunakan sebagai obat dan jamu. Khasiat temu lawak juga dipercaya dapat meningkat nafsu makan pada anak dalam masa pertumbuhan. Kandungan minyak atsiri yang terdapat dalam temu lawak berperan penting untuk membantu mengeluarkan cairan empedu dan menyembuhkan penyakit batu empedu.

Selain itu cara yang baik untuk menyembuhkan batu empedu adalah dengan banyak minum air putih dan mengkonsumsi makanan berserat. Dengan meminum air putih minimal 8 gelas satu hari akan sangat membantu menjaga kesehatan kantung empedu dan membantu meluruhkan batu empedu. Air putih dipercaya dapat mengeluarkan batu empedu melalui urin saat buang air kecil dan kotoran saat buang air besar. Meskipun membutuhkan waktu yang tidak sebentar setidaknya dengan banyak mengkonsumsi air putih akan membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Komplikasi yang dapat diakibatkan

Batu empedu juga dapat menyebabkan komplikasi pada tubuh meskipun dengan skala yang tidak besar. Komplikasi karena batu empedu jarang sekali terjadi. Komplikasi batu empedu dapat menyebabkan inflamasi kantung empedu dengan gejala diantaranya rasa sakit yang terus menerus dan detak jantung yang lebih cepat. Selain itu gejala yang dapat juga dirasakan adalah demam tinggi dan penyakit kuning. Jika anda menderita sakit kuning bisa saja penyebabnya karena adanya komplikasi batu empedu. Meskipun komplikasi akibat batu empedu jarang terjadi Anda tidak boleh meremehkan penyakit ini. Usahakan untuk selalu menjaga kesehatan tubuh Anda agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Jika Anda sudah menderita penyakit batu empedu anda dapat menggunakan alternatif mengobati batu empedu dengan obat tradisional.


EmoticonEmoticon